Mengenal Android

GOOGLE SEBAGAI PENGEMBANG ANDROID

Android adalah platform perangkat lunak untuk perangkat mobile yang didukung oleh Google OS, pada awalnya dikembangkan oleh Google dan kemudian Terselesaikan Handset Alliance. Hal ini memungkinkan para pengembang untuk menulis kode dikelola dalam bahasa Java, pengendalian perangkat melalui Google mengembangkan perpustakaan Java. Aplikasi yang ditulis dalam C dan bahasa lainnya dapat dikompilasi ke ARM kode asli dan berjalan, namun pembangunan jalan ini tidak secara resmi didukung oleh Google.
Android merupakan sebuah system operasi terbuka yang diperuntukan untuk perangkat bergerak (Mobile device). Dikembagkan oleh Open Handset Alliance yang terdiri dari pengembang software, hardware dan provider seperti Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan NVIDIA yang bertujuan membuat sebuah standar terbuka untuk perangkat bergerak (mobile device). Pada Juli 2005 android telah diakuisisi oleh google dan pada 5 November 2007 barulah secara resmi Android di rilis oleh Google. Dalam pengembangan aplikasi android menyediakan Android SDK yang menyediakan tools dan API untuk para pengembang aplikasi dengan flatform android. Android menggunakan java sebagai bahasa pemogramannya, jadi bagi anda yang sudah lama bermain dengan java tidak ada salahnya untuk mencoba Android.

Pendahuluan

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, kecil startup perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android dari co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger), Kaya Miner (co-pendiri Wildfire Communications, Inc), Nick Sears (sekali VP di T-Mobile), dan Chris White (kepala desain antarmuka dan pembangunan di Webtv). Pada saat itu, sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc selain mereka yang membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai rumors bahwa Google telah berencana untuk memasukkan ponsel pasar, walaupun ianya tidak jelas apa fungsi mungkin melakukan di pasar. Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin, dikembangkan perangkat mobile platform yang didukung oleh Google OS yang dipasarkan ke handset keputusan dan operator pada premis pemberian yang fleksibel, upgradeable sistem.

o Metode Pengembangan Sistem

* Mengembangkan Java perpustakaan Aplikasi yang ditulis dalam C dan bahasa lainnya

Perusahaan pendirinya ialah Open Handset Alliance. Sumber model andalannya adalah open source dan software bebas. Android dirilis awal 21 oktober 2008. Jenis Kernel Monolithic Linux. License Apache 2.0 and GPLv2. Android adalah platform perangkat lunak dan sistem operasi untuk perangkat mobile, berdasarkan kernel Linux, pada awalnya dikembangkan oleh Google dan kemudian Terselesaikan Handset Alliance. Hal ini memungkinkan para pengembang untuk menulis kode dikelola dalam bahasa Java, pengendalian perangkat melalui Google dikembangkan Java perpustakaan Aplikasi yang ditulis dalam C dan bahasa lainnya dapat dikompilasi ke ARM kode asli dan berjalan, Pembukaan dari platform Android pada 5 November 2007 telah mengumumkan dengan mendirikan sebuah konsorsium dari 48 perangkat keras, perangkat lunak, dan telekomunikasi perusahaan yang ditujukan untuk advancing standar terbuka untuk perangkat mobile. Android dari kode di bawah lisensi Apache, sebuah perangkat lunak bebas dan open source lisensi.
Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, kecil startup perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Android dari co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin co-pendiri Danger , Kaya Miner co-pendiri Wildfire Communications, Nick Sears sekali VP di T-Mobile, dan Chris White kepala desain interface dan pembangunan di Webtv Pada saat itu, sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc selain mereka yang membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai rumors bahwa Google telah berencana untuk memasukkan ponsel pasar, walaupun ia tidak jelas apa fungsi mungkin melakukan di pasar.Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin, mengembangkan Linux ponsel berbasis OS yang dipasarkan ke handset keputusan dan operator pada premis pemberian yang fleksibel, upgradeable system.

Android di Googleplex.

Laporan dari BBC dan The Wall Street Journal bahwa Google telah mengembangkan Google-merek handset. Lagi diikuti spekulasi bahwa laporan karena Google telah menentukan spesifikasi teknis, ia menunjukkan prototip ke produsen ponsel dan operator jaringan. Sebanyak 30 prototipe ponsel yang dilaporkan untuk operasi.Google telah filed beberapa paten aplikasi di bidang telepon selular.
“Pengumuman hari ini lebih ambisius dibanding single ‘Google Phone’ yang telah pers tentang speculating selama beberapa minggu. Visi kami adalah platform yang kuat kami akan kuasa pembukaan ribuan model telepon berbeda.” —- Eric Schmidt , Google Chairman/CEO

Pada tanggal 5 November 2007, Terbuka Handset Alliance, sebuah konsorsium dari beberapa perusahaan yang termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, Sprint Nextel dan NVIDIA, unveiled adalah dengan tujuan untuk mengembangkan standar terbuka untuk perangkat mobile. Seiring dengan pembentukan Open Handset Alliance, maka OHA juga unveiled produk pertama mereka, Android, perangkat mobile platform yang dibangun di Linux kernel versi 2.6. Pada tanggal 9 Desember 2008, ia mengumumkan bahwa 14 anggota baru akan bergabung dalam proyek Android termasuk: Sony Ericsson, Vodafone Group Plc, ARM Holdings Plc, ASUSTeK Computer Inc, Toshiba Corp dan Garmin Ltd.

Chairman dan CEO Google Eric Schmidt mengambil beberapa kali dalam siaran pers resmi untuk menghilangkan semua rumors dan spekulasi sebelumnya tentang Keberadaan mandiri Google telepon. Android telah tersedia dalam bentuk open source. Google membuka seluruh kode sumber (termasuk jaringan telepon dan susunan yang sebelumnya sudah tidak tersedia, di bawah lisensi Apache.

Dengan Apache License, vendor bebas untuk menambah kepemilikan ekstensi tanpa mengirimkan mereka kembali ke komunitas open source. Android telah dikritik untuk tidak semua perangkat lunak sumber terbuka walaupun apa yang diumumkan oleh Google.: Bagian SDK yang eksklusif dan tertutup sumber dan yakin ini adalah agar Google dapat mengontrol platform.

Hasil dan Pembahasan

o Sejarah

Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc., perusahaan yang baru berkembang berpusat di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Pendiri Android, Inc. termasuk diantaranya adalah Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Namun pada saat ini hanya segelintir orang yang mengetahui fungsi Android, Inc. selain memang mereka membuat software untuk ponsel. Rumor pun berkembang saat Google mengakuisisi Android, Inc. bahwa Google berencana untuk masuk ke pasar ponsel meski belum diketahui akan seperti apa andil Google di dunia ponsel.

Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin mengembangkan platform perangkat bergerak dengan dasar kernel Linux yang dijual kepada pembuat handset dan layanan telekomunikasi. Saat itu beredar kabar bahwa Google telah memiliki jajaran komponen hardware dan partner software dan memberi tanda kepada penyedia layanan telekomunikasi bahwa yang mereka tawarkan bersifat terbuka. Spekulasi sasaran Google untuk ponsel pun semakin berkembang bahwa mereka akan segera mengumumkannya di bulan Desember 2006. Semakin banyak rumor mengatakan bahwa Google sedang mengembangkan ponsel bermerk Google. Ada sebanyak 30 prototype ponsel yang dikabarkan saat itu telah berfungsi.
September 2007, Google diketahui sedang mengajukan hak paten di bidang telepon selular.
Perkembangan
Android telah mengalami pembaharuan sejak peluncuran awalnya.

1. Cupcake
30 April 2009 secara resmi diluncurkan Cupcake dengan beberapa fitur baru:

o Kemampuan merekam dan memutar video di modus camcorder
o Upload video ke Youtube dan foto ke Picasa langsung dari ponsel
o Tombol soft keyboard dengan fitur “autocomplete”
o Kemampuan koneksi langsung ke headset bluetooth
o Widget dan folder baru
o Animasi
o Kemampuan copy-paste diperbaiki

1. Doughnut
15 September 2009, Donat (Donut) diluncurkan:

o Android Market diperbaharui
o Antarmuka kamera, camcorder, dan galeri terintegrasi
o Penghapusan foto di galeri bisa dilakukan secara multiple (banyak file)
o Voice Search diperbaharui dengan respon lebih cepat dan integrasi lebih baik dengan kemampuan panggilan kontak
o Fitur pencarian diperbaiki untuk bookmark, history, kontak, dan web langsung dari tampilan siaga
o Pembaharuan dukungan teknologi CDMA/EVDO, 802.1x VPN, Gesture, dan text-to-speech
o Kecepatan diperbaiki di bagian pencarian

1. Eclair
26 Oktober 2009

+ Kecepatan hardware diperbaiki
+ Aplikasi baru “Car Home”
+ Dukungan resolusi dan ukuran layar dikembangkan
+ Antarmuka browser yang baru
+ Daftar kontak baru
+ Rasio hitam-putih untuk background lebih baik
+ Google Maps 3.1.2
+ Dukungan Microsoft Exchange
+ Dukungan lampu flash untuk kamera
+ Digital zoom
+ Virtual keyboard diperbaiki
+ Bluetooth 2.1

Perangkat berjiwa Android

Perangkat berjiwa Android
Perangkat pertama yang berjalan dengan sistem operasi Android dan dipasarkan secara luas adalah HTC Dream yang dirilis pada 22 Oktober 2008. Hingga akhir tahun 2009 dipastikan akan beredar sekitar 18 ponsel menggunakan Android.

4.3 Arsitektur Android

Arsitektur Android
Android akan diluncurkan dengan aplikasi core (Lihat Layer teratas yaitu layer Aplikasi) seperti email client, SMS program, calendar, maps, browser, contacts. Semua aplikasi ditulis menggunakan Java.

Kemudian Lihat Layer kedua yaitu (Arsitektor Framework API). Developer memiliki full akses yang sama yang digunakan oleh Aplikasi Inti (Core Application), jadi Developer dapat mengganti aplikasi standard default browser,email client,SMS Program misalnya dengan aplikasi browser.email client,SMS buatan developer itu sendiri. Developer dapat menggunakan komponen yang tersedia untuk mengembangkan atau memodifikasi aplikasi baru. Misalnya Lihat pada view framework system, dengan component view system tersebut, Developer dapat menggunakan komponen untuk membangun user interface termasuk lists, grids, text boxes, buttons dan komponen dalam web browser. Hal ini dapat meringkas waktu pengerjaan team developer. Framework Content Provider memungkinan aplikasi untuk akses data pada aplikasi lain seperti Contacts atau dapat juga membagi data ke aplikasi lain.
Kalau belum puas dengan memanfaatkan layer kedua, ada layer ketiga yang berisikan Library. Layer ketiga ini adalah layer yang juga bisa dijumpai pada Sistem Operasi lain, dalam layer tersebut ada komponen-komponen yang ditulis dalam native language C/C++. Perbedaannya adanya komponen Android Runtime. Dalam runtime tersebut, tersedia fungsi library dari Java Programming Language.

Setiap Aplikasi Android, berjalan pada proses sendiri yang di-instance(bahasa indonesianya apa ya?) oleh Dalvik Virtual Machine. Dalvik inilah yang merupakan yang mengatur threading dan low-level memory management. Dalvik Virtual Machine berfungsi sama seperti Java Virtual Machine dan BREW runtime. Dalvik Virtual Machines mengeksekusi file dalam format .dex (dalvik Executable), VM bersifat register based dan menjalankan classes yang telah dicompile oleh Java Language Compiler.

Lapisan terbawah atau nomor empat adalah lapisan terpenting yaitu Kernel Linux versi 2.6 untuk melayani services inti operating system seperti security, memory management, process management, network stack dan driver model. Kernel juga bertindak sebagai abstraction layer antara hardware dan software stack.

Ada 4 dasar yang harus kita pahami dalam membangun aplikasi berbasis android:
Activity, adalah tampilan grafis yang kita lihat ketika menjalankan sebuah aplikasi. aplikasi dapat memiliki lebih dari satu Activity
Intent, adalah serangkaian value yang menunjukan apa yang harus dilakukan ketika terjadi perpindahan layar
Service, adalah layanan yang bekerja di Backend
Content provider, memungkinkan sebuah aplikasi untuk dapat menyimpan dan menerima data dari database.

Penerapan Android

Rilis (preinstalled)

HTC Dream (T-Mobile G1)

The HTC Dream (juga dipasarkan sebagai T-Mobile G1, G1 Era di Polandia, Rogers Dream di Kanada) adalah yang pertama ke pasar ponsel yang menggunakan platform Android. Telepon adalah bagian dari standar terbuka upaya dari Terselesaikan Handset Alliance.

The Magic HTC. The Magic mirip dengan Dream tetapi tanpa slide-out keyboard, bukan menggunakan keyboard pada layar.

Cina perusahaan Qigi meluncurkan versi dari i6 (sebelumnya Windows Mobile) perangkat menjalankan Android pada bulan Desember 2008. Perangkat diproduksi oleh Cina ODM TechFaith.

HKC Pearl, yang menyatakan untuk dual-boot Windows Mobile 6.1 dan Android.

HKC Imobile v413, membangun sebuah Android serupa dengan HTC Touch.

Samsung I7500 diumumkan pada bulan April 2009 untuk rilis pada bulan Juni.

Rilis (aftermarket instalasi)
Beberapa pengguna telah mampu (dengan beberapa jumlah hacking, dan dengan fungsionalitas terbatas) untuk menginstal Android pada perangkat mobile lainnya yang dikirim dengan OSes:

The Openmoko telepon (Neo FreeRunner dan Neo 1973) juga sangat mendukung sejak Google Android lepaskan dari sumber kode pada 21 Oktober 2008. Pada tanggal 4 November 2008 seluruh sumber compiles stack , dengan kernel, pengguna dan kebanyakan aplikasi bekerja, namun telepon, SMS, suspend / resume dan wifi, yang bergantung pada fitur perangkat keras tingkat rendah, tidak sepenuhnya bekerja. Pada awal 2009 Cupcake dan gambar yang menunjukkan tersedia sebagai flashable gambar

Motorola Ming A1200

HTC Kaiser: port yang sedang berlangsung, semua fitur tidak berfungsi pada saat ini

HTC Vogue

HTC Touch Diamond: tidak semua fungsi kerja (termasuk Wifi

HTC Touch Pro

Nokia N810

Nokia 770

Asus EEEPC 701

Asus EEEPC 1000H

Buku dari sentuhan Selalu inovati

Dell Axim x51v

HTC Touch HD: mirip dengan Touch Diamond, tidak semua fitur berfungsi seperti wifi dan audio selama panggilan suara

Yang akan datang

Pada bulan September 2008, Motorola mengkonfirmasikan bahwa ia bekerja pada produk-produk perangkat keras yang akan menjalankan Android.

Huawei berencana untuk melepaskan telepon yang akan berjalan pada

Android T-Mobile. Tanggal ini namun tidak menetapkan setelah sampai Juni 2009.

Archos berencana untuk memulai sebuah perangkat baru, yang akan menggabungkan kemampuan media signifikan dengan sistem operas Android.

Lenovo bekerja pada Android berbasis ponsel yang mendukung Cina 3G TD-SCDMA standar.

HTC adalah perencanaan yang “portofolio” dari Android berbasis ponsel. yang akan dirilis pada tengah 2009, termasuk HTC Magic, unveiled pada 17 Februari 2009 pada 2009 Mobile World Congress di Barcelona, Spanyol. The Magic HTC akan dirilis dengan “Cupcake” membangun dengan debut pada 5 Mei.

Sony Ericsson yang menunggu untuk lebih baik dukungan multi media Android 2.0.

GiiNii Movit Mini merupakan perangkat Internet berdasarkan Google Android sistem operasi.

Acer adalah rumored to be releasing telepon disebut L1, C1, E1, F1, dan A1 (unconfirmed) di akhir 2009.

Cina ODM Yuhua pertama Android telepon, dual SIM DSTL1 akan dirilis di bawah Umum di Jun Mobile merek. Perusahaan adalah perencanaan lebih Android perangkat.

Skytone, distributor dan pengembang perangkat lunak dari Skytone Alpha- 400 mengumumkan sebuah rilis Android netbook, yang Alpha-680.

Kogan Technologies, Australia teknologi manufaktur, telah mengumumkan Android kompatibel sesuai: di Kogan agora dan Kogan agora Pro. Hal ini sesuai yang dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 29 Januari 2009. Pada pertengahan Januari 2009, Kogan mengumumkan bahwa rilis yang sesuai agora telah tertunda tanpa batas.

Keunggulan Android

Beberapa keunggulan kunci perangkat yang membedakan berdasarkan platform Android dari produk serupa:

1. Keterbukaan – Android menyediakan akses ke fungsi dasar perangkat mobile menggunakan standar panggilan ke API.

2. Penghancuran perbatasan – Anda dapat menggabungkan informasi dari Internet ke dalam telepon, seperti informasi kontak, atau data pada lokasi geografis untuk mendapatkan kesempatan baru.

Kesamaan aplikasi – untuk Android ada perbedaan antara telepon utama aplikasi dan perangkat lunak lain – Anda bahkan dapat mengubah program untuk memutar nomor, atau screen saver.

4. Cepat dan mudah perkembangan – dalam SDK memiliki semua yang anda butuhkan untuk membuat dan menjalankan aplikasi Android, termasuk simulator ini instrumen, dan alat debugging maju.

Pengembangan Software

Awal masukan pada pengembangan aplikasi untuk platform Android telah dicampur. Isu yang dikutip termasuk bug, kekurangan dokumentasi, QA infrastruktur memadai, dan tidak ada masalah-publik sistem pelacakan. (Google pelacak isu yang diumumkan pada tanggal 18 Januari 2008) Pada bulan Desember 2007, MergeLab mobile startup pendiri Adam Macbeth dinyatakan, “Fungsi tidak ada, yang didokumentasikan atau buruk tidak hanya berfungsi … Ini jelas tidak siap untuk prime time. “Walaupun demikian, Android bertarget aplikasi sudah mulai muncul dalam seminggu setelah platform diumumkan. Pertama umum tersedia adalah aplikasi game Snake. The Android Dev Telepon adalah SIM-dibuka dibuka dan hardware-perangkat yang dirancang untuk maju pengembang. Sedangkan pengembang dapat menggunakan perangkat yang biasa dibeli konsumen eceran untuk menguji dan menggunakan aplikasi, beberapa pengembang dapat memilih untuk tidak menggunakan perangkat ritel, memilih yang dibuka atau tidak ada kontrak-perangkat.

4.7 Software Development Kit
Android SDK yang komprehensif termasuk set alat-alat pembangunan. Ini termasuk debugger, perpustakaan, sebuah handset emulator (berdasarkan QEMU), dokumentasi, kode contoh, dan tutorial. Saat ini didukung termasuk pengembangan platform x86-arsitektur komputer yang menjalankan Linux (any modern desktop Linux Distribution), Mac OS X 10.4.8 atau yang lebih baru, Windows XP atau Vista. Persyaratan juga termasuk Java Development Kit, Apache Ant, dan Python 2,2 atau yang lebih baru. Yang secara resmi didukung lingkungan pengembangan terpadu (IDE) adalah Eclipse (3.2 atau lebih baru) menggunakan Android Development Tools (ADT) Plugin, meskipun pengembang dapat menggunakan editor teks apapun untuk mengedit file XML Jawa dan kemudian menggunakan command line tool untuk membuat, membangun dan debug Android aplikasi. Pratinjau rilis Android dari software development kit (SDK) telah dirilis pada 12 November 2007. Pada tanggal 15 Juli 2008, Android Developer Challenge Tim disengaja dikirim email ke semua entrants dalam Android Developer Challenge mengumumkan bahwa baru SDK telah tersedia dalam “pribadi” Download. Email dimaksudkan untuk pemenang pada putaran pertama di Android Developer Challenge. Diturunkan bahwa Google telah menyediakan SDK rilis baru untuk beberapa pengembang lain dan tidak (dan menjaga pengaturan ini swasta) telah menyebabkan banyak dilaporkan frustrasi dalam komunitas pengembang Android.
Pada tanggal 18 Agustus 2008 di Android 0.9 SDK beta telah dirilis. Rilis ini memberikan update dan perluasan API, perbaikan dan pengembangan alat-alat yang
diperbaharui untuk desain rumah layar. Petunjuk rinci untuk meng-upgrade yang tersedia untuk mereka yang sudah bekerja dengan rilis sebelumnya. Pada tanggal 23
September 2008 yang 1,0 SDK Android (Release 1) telah dirilis. Menurut catatan rilis, ia termasuk “terutama perbaikan bug, meskipun beberapa fitur yang ditambahkan lebih kecil”. Hal ini juga termasuk API beberapa perubahan dari versi 0,9.
Pada tanggal 9 Maret 2009, Google meluncurkan versi 1,1 untuk android dev telepon. Walaupun ada beberapa estetika update, beberapa update penting termasuk dukungan untuk “cari oleh suara, harga apps, jam alarm perbaikan, mengirimkan gmail membekukan memperbaiki, perbaikan surat pemberitahuan interval dan segar, dan sekarang peta dunia reviews”. Update penting lain adalah bahwa Dev telepon sekarang dapat dibayar apps dan pengembang sekarang dapat melihat mereka di Pasar Android.

4.8 Tantangan para Pengembang
Android Developer Challenge yang merupakan kompetisi yang paling inovatif untuk aplikasi untuk Android. Google menawarkan hadiah total 10 juta dolar AS, didistribusikan antara ADC ADC I dan II. ADC saya menerima masukan dari 2 Januari hingga 14 April 2008. 50 paling menjanjikan masukan, diumumkan pada tanggal 12 Mei 2008, masing-masing menerima penghargaan $ 25.000 untuk mendanai pengembangan lebih lanjut. Ada yang berakhir pada awal September dengan pengumuman dari sepuluh tim yang diterima masing-masing $ 275.000, dan sepuluh tim yang diterima $ 100,000 masing-masing. ADC II telah diumumkan pada tanggal 27 Mei 2009.

5. Kesimpulan & Saran
Kesimpulan
Sebagai proyek pencarian dan iklan online, Google berkembang pesat, Terbukti dalam pengembangan fitur-fitur dan fasilitas yang diberikan mulai dari layanan pencarian website, email gratis, video, google aplikasi yang termasuk didalamnya meluncurkan Android sebagai sistem operasi untuk telepon genggam yang merupakan pesaing bagi iPhone (Apple).

Tentang ahmadrivan

do the best and be the best
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s