Input dan output device

DEVICE INPUT & OUTPUT

Lyceum TV

RCA Lyceum TV adalah penerima memonitor / komersial dengan masukan yang besar / output pada panel belakang, dan 20-kaki (6,1 m) panjang konektor ground. Selama pertengahan tahun 80-an, RCA merilis Colortrak 2000, sebuah televisi yang identik dengan model atas meja Dimensia. Meskipun Colortrak dianggap model mid-range, yang membawa nama Colortrak 2000, dianggap high-end, bersama dengan Dimensia tersebut. TV Lyceum, Dimensia, dan 2000 Colortrak model semua pada dasarnya memiliki chassis yang sama (serat kayu veneer, atau laminasi hitam untuk beberapa Dimensias, dan kain menutupi speaker di sisi kabinet). Banyak Colortrak 2000, Lyceum, dan Dimensia TV datang dikemas dengan remote control yang sangat besar, Pusat Komando Digital. Ada beberapa versi yang berbeda dari Pusat Komando Digital, tetapi fitur utama adalah bahwa hal itu bisa mengendalikan sebuah array dari komponen yang dipilih RCA, semua dengan satu remote – universal remote hanya untuk produk RCA, sehingga untuk berbicara. Versi Dimensia dari remote disebut “Dimensia-Cerdas Audio Video” dan memiliki tombol identik dengan Pusat Komando Digital.

RCA Dimensia

adalah nama merek RCA untuk high-end mereka model sistem televisi dan komponen mereka ( Tuner, VCR, CD player, dll ) yang produksi 1984-1989, dengan variasi terus ke awal 1990-an, digantikan oleh garis model ProScan. Setelah RCA dimiliki oleh General Electric pada tahun 1986, GE menjual konsumen elektronik RCA ke Thomson SA yang melanjutkan ke garis Dimensia. Mereka secara signifikan menjadi televise receiver system pertamadengan fitur pembuatan computer. Pada tahun 1985 mereka merilis Komponen Sistem Komando Digital, sebuah sistem audio terintegrasi yang diizinkan fungsionalitas penuh dari komponen Dimensia audio tanpa monitor Dimensia. Nama “Dimensia” sebenarnya kembali ke 1970-an ketika istilah RCA digunakan untuk efek stereo dengan spasial yang disempurnakan yang mereka sebut “Dimensia IV”.garis tanda untuk Dimensia adalah The Next Dimension in Sight and Sound..

Fitur yang unik utama dari sistem Dimensia adalah 003 MRT, sebuah kilobyte 32-built-in modul komputer yang memungkinkan monitor untuk berkomunikasi dengan semua komponen Dimensia dan fungsi remote. Semua komponen yang terhubung melalui bus kontrol ditemukan pada panel I / O di bagian belakang TV. Bus kontrol adalah konektor RCA yang unik yang berwarna hitam. Semua komponen bermerek Dimensia punya jack kontrol dan mereka semua saling berhubungan dengan menggunakan colokan RCA yang bisa piggy-back, menghasilkan rantai daisy yang disederhanakan kabel. Ini dikenal sebagai SystemLink, sebuah sistem komunikasi yang memiliki 16 kilobyte memori komputer.

Salah satu fitur utama dari Dimensia adalah masukan besar / output pada panel belakang. Ini termasuk beberapa terminal RCA video komposit serta beberapa seimbang dan tidak seimbangnya RF antena / kabel input. Hal ini memungkinkan koneksi yang mudah dari semua komponen sistem Dimensia, masing-masing pada saluran mereka sendiri. Selain itu, kabel RCA mampu dihubungkan piggy-back, sehingga kabel daisy-chain. Komponen yang juga terhubung ke link kontrol data bus melalui gaya piggy-back yang sama seperti konektor RCA. Semua komponen intelegen Dimensia dapat berinteraksi dengan monitor built-in komputer. Konsol generasi pertama Dimensia I / O panel ditampilkan di sebelah kiri juga memiliki SCART interface, sebuah multiport awal A / V intervace yang populer di Eropa.

CRT (Cathode Ray Tube)

Cathode Ray Tube (CRT) adalah tabung vakum yang mengandung electron gun (sumber elektron) dan layar fluorescent, dengan cara internal atau eksternal untuk mempercepat dan membelokkan berkas elektron, digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk cahaya yang dipancarkan dari layar neon. Gambar dapat mewakili bentuk gelombang listrik (osiloskop), gambar (televisi, monitor komputer), radar target dan lain-lain. CRT juga telah digunakan sebagai perangkat memori, dalam hal ini cahaya yang dipancarkan dari bahan fluoresecent (jika ada) tidak memiliki arti yang signifikan dalam pengamat visual.

Plasma Display Panel (PDP)

adalah jenis panel TV layar datar besar umumnya untuk menampilkan gambar 30 inci (76 cm) atau lebih besar. Mereka disebut “plasma” karena teknologi ini menggunakan sel-sel kecil yang berisi gas terionisasi bermuatan listrik, atau biasanya lebih dikenal sebagai lampu neon.
Panel biasanya memiliki jutaan sel-sel kecil dalam ruang terkotak antara dua panel kaca. Kompartemen ini, atau “lampu” atau “sel”, mengadakan campuran gas mulia dan sejumlah kecil merkuri. Sama seperti pada lampu neon di atas sebuah meja kantor, saat merkuri menguap dan tegangan diterapkan di seluruh sel, gas dalam bentuk sel-sel plasma. Dengan aliran listrik (elektron), beberapa elektron pemogokan partikel merkuri sebagai elektron bergerak melalui plasma, sesaat meningkatkan tingkat energi molekul sampai kelebihan energi ditumpahkan. Merkurius gudang energi sebagai ultraviolet (UV) foton. Foton UV kemudian menyerang fosfor yang dicat di bagian dalam sel. Ketika foton UV pemogokan molekul fosfor, sesaat meningkatkan tingkat energi dari sebuah elektron orbit luar dalam molekul fosfor, elektron bergerak dari stabil ke keadaan stabil, elektron kemudian menumpahkan kelebihan energi sebagai sebuah foton energi yang lebih rendah pada tingkat dari cahaya UV, foton energi yang lebih rendah sebagian besar di kisaran inframerah, tetapi sekitar 40% berada dalam kisaran cahaya tampak. Dengan demikian energi input adalah gudang sebagai sebagian besar panas (inframerah), tetapi juga sebagai cahaya tampak. Tergantung pada fosfor yang digunakan, warna yang berbeda dari cahaya tampak dapat dicapai. Setiap pixel dalam layar plasma terdiri dari tiga sel terdiri dari warna primer cahaya tampak. Memvariasikan tegangan dari sinyal ke sel-sel sehingga memungkinkan warna dirasakan berbeda.

Sebuah panel layar plasma adalah array dari ratusan ribu kecil, sel-sel bercahaya diposisikan antara dua pelat kaca. Setiap sel pada dasarnya adalah sebuah lampu neon kecil diisi dengan dijernihkan neon, xenon, dan gas inert lainnya, sel-sel yang bercahaya ketika mereka dialiri arus listrik melalui “elektroda”
Elektroda panjang garis-garis dari bahan yang melakukan elektrik juga terletak antara pelat kaca, di depan dan belakang sel. The “elektroda alamat” duduk di belakang sel, sepanjang plat kaca belakang, dan bisa buram. Elektroda layar transparan yang dipasang di depan sel, sepanjang plat kaca depan. Seperti dapat dilihat dalam ilustrasi, elektroda dilindungi oleh lapisan pelindung isolasi. [23] Kontrol sirkuit dakwaan elektroda yang jalan salib di sel, menciptakan perbedaan tegangan antara depan dan belakang. Beberapa atom dalam gas sel kemudian kehilangan elektron dan menjadi terionisasi, yang menciptakan listrik dari plasma atom, elektron bebas, dan ion. Tabrakan dari elektron yang mengalir dalam plasma dengan atom gas inert menyebabkan emisi cahaya;. Seperti pemancar cahaya plasma dikenal sebagai pembuangan cahaya
Dalam panel plasma monokrom, gas biasanya kebanyakan neon, dan warna oranye adalah karakteristik dari lampu neon diisi (atau tanda). Setelah debit cahaya telah dimulai dalam sel, itu dapat dipertahankan dengan menerapkan tegangan rendah tingkat antara semua horisontal dan vertikal elektroda-bahkan setelah tegangan pengion dihapus. Untuk menghapus sel tegangan semua dihapus dari sepasang elektroda. Jenis panel memiliki memori yang melekat. Sejumlah kecil nitrogen ditambahkan ke neon untuk meningkatkan histeresis. [Kutipan diperlukan]

Pada panel warna, bagian belakang setiap sel dilapisi dengan fosfor. Foton ultraviolet yang dipancarkan oleh fosfor tersebut membangkitkan plasma, yang mengeluarkan cahaya dengan warna ditentukan oleh bahan fosfor. Aspek ini adalah sebanding dengan lampu neon dan tanda-tanda neon yang menggunakan fosfor berwarna.

Setiap pixel terdiri dari tiga sel subpixel terpisah, masing-masing dengan fosfor yang berbeda warna. Satu Subpiksel memiliki cahaya fosfor merah, satu subpiksel memiliki lampu hijau fosfor dan satu Subpiksel memiliki cahaya fosfor biru. Warna-warna ini berbaur bersama-sama untuk menciptakan warna keseluruhan pixel, sama seperti tiga serangkai bayangan topeng CRT atau LCD warna. Panel plasma menggunakan pulse-width modulasi (PWM) untuk mengontrol kecerahan: dengan memvariasikan pulsa arus yang mengalir melalui sel berbeda ribuan kali per detik, sistem kontrol dapat meningkatkan atau mengurangi intensitas warna setiap Subpiksel untuk menciptakan miliaran kombinasi yang berbeda merah, hijau dan biru. Dengan cara ini, sistem kontrol dapat menghasilkan warna sebagian besar terlihat. Menampilkan Plasma menggunakan fosfor sama dengan CRT, yang rekening untuk reproduksi warna yang sangat akurat ketika menonton televisi atau gambar video komputer (yang menggunakan sistem warna RGB dirancang untuk teknologi layar CRT).

Menampilkan plasma tidak harus bingung dengan liquid crystal display (LCD), lainnya menampilkan layar datar ringan menggunakan teknologi yang sangat berbeda. LCD dapat menggunakan satu atau dua lampu neon besar sebagai sumber lampu latar, tetapi warna yang berbeda dikendalikan oleh unit LCD, yang berlaku berperilaku sebagai gerbang yang memungkinkan atau blok bagian dari cahaya dari lampu latar untuk merah, hijau, atau cat biru di bagian depan panel LCD. Rasio Kontras adalah perbedaan antara bagian terang dan gelap dari suatu gambar, diukur dalam langkah-langkah diskrit, pada saat tertentu. Umumnya, semakin tinggi rasio kontras, semakin realistis gambar (meskipun “realisme” dari suatu gambar tergantung pada banyak faktor termasuk akurasi warna, linearitas pencahayaan, dan linieritas spasial.) Kontras rasio untuk menampilkan plasma sering diiklankan sebagai tinggi sebagai 5,000,000:1. Di permukaan, ini adalah keuntungan yang signifikan plasma alih sebagian tampilan teknologi lain saat ini, pengecualian yang organik light-emitting diode. Meskipun tidak ada industri-lebar pedoman untuk pelaporan rasio kontras, produsen yang paling mengikuti standar ANSI baik atau melakukan tes penuh pada-penuh-off. Standar ANSI menggunakan pola uji kotak-kotak dimana orang kulit hitam paling gelap dan putih ringan yang bersamaan diukur, menghasilkan yang paling akurat “dunia nyata” peringkat. Sebaliknya, tes penuh pada-penuh-off mengukur rasio dengan menggunakan layar hitam murni dan layar putih murni, yang memberikan nilai yang lebih tinggi tetapi tidak mewakili skenario melihat khas. Beberapa tampilan, menggunakan teknologi yang berbeda, memiliki beberapa “kebocoran” cahaya, melalui cara-cara baik optik atau elektronik, dari piksel ke piksel yang berdekatan menyala sehingga piksel gelap yang dekat yang terang muncul kurang gelap daripada yang mereka lakukan selama layar penuh-off . Produsen dapat lebih artifisial meningkatkan rasio kontras dilaporkan dengan meningkatkan pengaturan kontras dan kecerahan untuk mencapai nilai tes tertinggi. Namun, rasio kontras yang dihasilkan oleh metode ini adalah menyesatkan, karena isi akan dasarnya unwatchable pada pengaturan tersebut. Plasma sering disebut sebagai memiliki lebih baik (yaitu lebih gelap) tingkat hitam (dan rasio kontras yang lebih tinggi), walaupun kedua plasma dan LCD masing-masing memiliki tantangan teknologi mereka sendiri.

Setiap sel di layar plasma harus diisi sebelumnya sebelum dijadwalkan akan menyala (jika sel tidak akan merespon cukup cepat) dan ini precharging berarti sel tidak dapat mencapai hitam yang benar, sedangkan sebuah panel LED backlit LCD sebenarnya dapat mematikan bagian layar. Beberapa produsen telah bekerja keras untuk mengurangi precharge dan cahaya latar belakang yang terkait, ke titik di mana tingkat hitam di plasma modern mulai untuk menyaingi CRT. Dengan teknologi LCD, piksel hitam yang dihasilkan oleh metode polarisasi cahaya, panel banyak yang tidak dapat benar-benar menghalangi lampu latar yang mendasari. Namun, panel LCD yang lebih baru (terutama yang menggunakan pencahayaan LED putih) dapat mengkompensasi dengan secara otomatis mengurangi lampu latar pada layar lebih gelap, meskipun metode ini – analog dengan strategi pengurangan kebisingan pada tape analog audio – jelas tidak dapat digunakan dalam high kontras layar , meninggalkan beberapa cahaya yang menunjukkan dari bagian hitam dari sebuah gambar dengan bagian terang, seperti (pada ekstrim) layar hitam solid dengan satu garis terang halus intens. Ini disebut “halo” efek yang telah hampir sepenuhnya diminimalkan pada baru LED backlit LCD dengan peredupan lokal. Model Edgelit tidak dapat bersaing dengan cahaya ini sebagai tercermin melalui funnell cahaya untuk mendistribusikan cahaya di belakang panel.

Pengertian Keyboard Komputer
Keyboard adalah bagian paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi pemakai untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.

Keyboard komputer diciptakan dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington.

Keyboard yang digunakan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG

Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.

Input Pen
• Sistem computer berbasis pen. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan tulisan tangan dan catatan ke layar computer dengan stylus, bukan mengetik di keyboard. Stylus adalah alat mirip pena yang dipakai untuk menuliskan teks atau menggambar garis pada layar yang sensitive sebagai input bagi computer. Komputer pen menggunakan software pengenal tulisan tangan (handwriting recognition) yang mampu menerjemahkan karakter tulisan tangan yang dibuat oleh stylus ke dalam bentuk data yang bisa dipakai di computer. Pengenal tulisan tangan sering dipakai sebagai metode input pada PDA dan system video game genggam.
• Pena cahaya. Disebut juga light pen, adalah alat input seperti pen yang peka cahaya dan menggunakan koneksi kabel ke terminal computer. Pengguna menggunakan pena ke titik yang diinginkan pada layar dan menekan tombol pen sebagai identifikasi lokasi layar di computer.
• Digitizer. Alat ini menggunakan pena elektronik atau alat salin semacam mouse yang disebut puck untuk mengubah gambar dan foto ke dalam bentuk data digital. Salah satu bentuk digitizer adalah digitizing tablet, yang banyak dipakai dalam aplikasi teknik dan arsitektur, di mana lokasi tertentu di papan plastic elektronik berkorespondensi dengan lokasi di layar.

Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.

Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.

Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.

Monitor
Monitor merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer. Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal adalah.
(1) CGA (Color Graphic Adapter) Tipe monitor standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
(2) EGA (Enhanced Graphic Adapter) EGA merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
(3) EPGA (Enchanced Professional Graphic Adapter) Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut juga sebagai monitor PEGA atau PGA
(4) VGA (Visual Graphic Adapter) VGA merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
(5) LCD (Liquid Crystal Display) LCD dikenal sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang transparan

Printer
Printer adalah sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Perinter berdasarkan alat mekanik atau prose kerjanya yang digunakan, adalah.
• Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
• Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik pada media cetaknya.
Berdasarkan pekembangan teknologinya :
• Pin Dot matrix
• Ink jet
• Laser
• Thermal
Pin dot matrix diklasifikasikan berdasarkan jumlah pin yang dimiliki oleh head printer, yaitu 9, 18 dan 24. Transmisi yang digunakan, yaitu transmisi paralel (byte-by-byte) dan transmisi serial (bit-by-bit transmission). Metode pencetakan terdiri dari huruf per huruf (characeter by character), baris per baris (line by line), atau halaman per halaman (page by page). Secara umum printer yang umum digunakan terdiri dari tiga jenis, yaitu.
• Dot matrix, contohnya Epson LX-300, LX-800, LQ-1170
• Inkjet, contohnya Hp Deskjet, Cannon Buble jet
• Laser jet, contohnya HP Laser jet 1000, 1010, 1020

Tentang ahmadrivan

do the best and be the best
Galeri | Pos ini dipublikasikan di Tugas. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s