logika sebuah program mysql

Diawal sebelum memulai membuat program database mysql aktifkan mysql terlebih dahulu lalu menuju command prompt directory C:\xampp>mysql>bin> dan mysql –u root. Use mahasiswa untuk menggunakan data mahsiswa tersebut.
Create table biodata(npm varchar(8) primary ket not null, nm_dpn varchar(30) not null, nm_blkg varchar(30) not null, kelas varchar(5) not null, kota varchar(10) not null); untuk membuat suatu field table yang berisi npm, nm_dpn, nm_blkg, kelas dan kota.
Insert biodata values(“14109414”,”murdi”,”bachdim”,”3ka25”,”jakarta”); yaitu memasukan database table berisi npm, nama depan, nama belakang, kelas dan kota sesuai dengan data yang ada serta buatlah 5 data table seperti itu namun berbeda isinya.

Select concat(nm_dpn,” “,nm_blkg) as nama_lengkap from biodata; yaitu suatu penggabungan dalam field table dengan menunjukan nm_dpn dengan nm_blkg dengan field gabungan nama_lengkap.
Select substr(npm,4,2) as nama_angkatan from biodata; yaitu pengambilan suatu angka menjadi beberapa karakter pada data table dengan 4,2 untuk mengambil dari npm menjadi 2 digit ke empat dari npm dengan nama field nama_angkatan yang menunjukan angkatan masing masing mahasiswa.
Select coccat(“nama lengkap saya”,nm_dpn,” “ ,nm_blkg,” yang tinggal di “,kota,” dikelas “,kelas) as jati_diri from biodata; yaitu penggabungan semua kalimat dalam satu field table.
Alter table biodata add nama_lengkap varchar(30) not null after nm_blkg; yaitu pembuatan sebuah field kolom baru dengan nama, nama_lengkap after yaitu setelah kolom field nm_blkg.
Update biodata set nama_lengkap=concat(nm_dpn,” “,nm_blkg); yaitu memasukan semua field table nm_dpn dan nm_blkg dan memasukannya dalam table nama_lengkap untuk mengabungkan nama.
Alter table biodata drop nm_dpn;
Alter table biodata drop nm_blkg; yaitu keduanya sebagai penghapusa field nm_dpn dan nm_blkg dalam table.
Alter table biodata add uts int(3) not null;
Alter table biodata add uas int(3) not null; yaitu pembuatan table uts dan uas dengan tipe data integer agar dapat melakukan perhitungan hasil.
Update biodata set uts=”90” where kelas=”3ka25”; yaitu memasukan nilai uts kedalam field yang menunjukan di mana kelas 3ka25 berada.
Update biodata set uas=”85” where kelas=”3ka25”; yaitu memasukan nilau uas kedalam field yang menunjukan di mana kelas 3ka25 berada.
Update biodata set nilai_akhir=(uts*0.7+uas*0.3);yaitu melakukan perhitungan nilai uts dan uas yang akan dimasukan ke dalam field nilai_akhir.
Select if((uts*0.7+uas*0.3)>70,”LULUS”,”GAGAL”); yaitu jika nilai uts dan uas lebih besar dari 70 akan LULUS namun jikan kurang dari 70 akan GAGAL.
Select if(nilai_akhir>80,”A”,if(nilai_akhir>70,”B”,if(nilai_akhir>60,”C”,if(nilai_akhir>50,”D”)))) as grade from biodata; jika nilai akhir lebih besar dari 80 akan menghasilkan nilai A jika nilai akhir lebih besar dari 70 nilai B, begitu seterusnya proses penilaian yang terjadi.

Tentang ahmadrivan

do the best and be the best
Pos ini dipublikasikan di Tulisan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s